Kamis, 02 Juni 2016

PERMAINAN TAJONGKOK

Permainan tajok sudah lama sekali di gemari anak-anak indonesia  , terutama anak-anak sd . Permainan ini sangat digemari karena muda dimainkan . permainan ini membutuhkan 3 atau lebih banyak pemain , karena permainan ini membutuhkan penjaga , pembela dan pemain .

Permainan ini sangat di gemari anak-anak balita , sd dan smp  , cara permainan tajongkok iyalah .
Penjaga : bisa seorang diri dan berdua tergantung banyak atau tidaknya anggota yang bermain , penjaga mengejar para pemain sehingga kena , jika keadaan jongkok maka tidak kena atau tidak jaga.
Pemain : Berlari agar tidak dikenakan oleh penjaga , jika pemain cape lelah dan masih ada pemain lain maka bisa jongkok , jika para pemain yang lain sudah jongkok maka pemain yang jongkok terakhir jaga .
Pembela : pemain yang masih berdiri , bertugas membangunkan pemain yang sedang jongkok , jika pembela jongkok maka pembela sebagai penjaga .

Aturan permainan tanjongkok iyalah . pembela dan pemain boleh tatapan , atau sekiranya ada perlu atau sakit atau minum . tatapan disini berarti bebas atau tidak mengikuti permainan . permainan tajongkok ini lebih baik jika tempat permainan di batasi agar tidak jauh-jauhan mengejarnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar